Senin, 12 November 2012

Web 1.0 vs Web 2.0 vs Web 3.0


Pada Web 1.0, sifatnya hanya bisa dibaca saja dan isinya tidak gampang berubah. Dikarenakan banyak isi yang sudah paten dibuat oleh Pemilik situs sebagai pelakunya. Kegunaan web 1.0 adalah untuk memberikan info tentang suatu hal. Contoh web 1.0 adalah website DAGADU ( http://www.dagadu.co.id/ )



Kalau web 1.0 hanya bisa dibaca saja, lain hal nya dengan  Web 2.0 yang sifatnya bisa di baca sekaligus bisa menulis. Namun Web 2.0 isinya gampang berubah karena bentuk interaksinya 2 arah, jadi memungkinkan terjalinnya komunikasi antar Pengguna sebagai pelakunya. Contoh web 2.0 ini adalah jejaring sosial seperti  Facebook (http://facebook.com/), Twitter (https://twitter.com/), dll.



Web 3.0 berbeda konsep dengan web 1.0 dan web 2.0. web 3.0 adalah sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web generasi ketiga dari layanan internet dengan .tujuan mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Konsep Web 3.0 adalah dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta. Contoh web 3.0 adalah search engine seperti  Google (http://www.google.co.id.).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar