Rabu, 07 November 2012

Macam-macam Search Engine



Sebagian besar dari kamu tentu sudah akrab dengan nama-nama seperti Google (http://www.google.co.id.), Bing (http://www.bing.com/), Yahoo (http://id.yahoo.com/), dan masih banyak lagi. Nama-nama diatas termasuk dalam Search Engine paling diminati saat ini. Apa sih Search Engine itu?? 

Search Engine adalah sebuah situs atau website yang menyediakan fasilitas pencarian perihal dunia internet.Hasil pencarian umumnya tidak banyak, karena sudah melalui proses penyaringan, dan ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu Basis data. Jadi Search Engine ini mempunyai Database sendiri.


Berbeda dengan Meta Search Engine. Meta search engine adalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas pencarian, namun tidak punya database sendiri. Ia mengambil dan mengkombinasikan hasil pencarian dari beberapa search engine utama, dan ditampilkan dengan gayanya sendiri. Nah, Meta search Engine ini sangat cocok dipakai apabila kamu ingin membandingkan relevansi hasil dari beberapa search engine utama. Karena kamu tidak perlu lagi memasukkan keyword ke masing-masing search engine satu per satu. Cukup melalui meta search kamu akan dapat minimal 5 hasil 'terbaik' dari masing-masing data providernya. Contoh Meta Search Engine: Dogpile (http://www.dogpile.com/), MetaCrawler (http://www.metacrawler.com/).


Lalu Jenis Search Engine yang ketiga adalah Semantic Search Engine, yaitu Situs atau website yang menyediakan fasilitas penelusuran atau pencarian berdasarkan “pemahaman makna” yang kamu tulis, bukan hanya berdasarkan keyword atau kata kunci saja. Saat ini kebanyakan search engine melakukan pencarian didasarkan pada kata kunci. Lain halnya dengan Semantic Search Engine ini, Mesin pencari akan memberikan hasil pencarian dengan mencocokan kata dengan hasil seperti saat kamu mencari melalui kamus. Contoh: Duckduckgo (http://duckduckgo.com/).

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar