Senin, 12 November 2012

Proxy Server


Proxy server adalah Perangkat yang bertindak sebagai Perantara dalam internet. Ilustrasi penggunaan proxy adalah seperti berikut:
Seorang mahasiswa meminjam buku di perpustakaan, kadang si mahasiswa tidak diperbolehkan langsung mencari dan mengambil sendiri buku yang kita inginkan dari rak, tetapi kita meminta buku tersebut kepada petugas, tentu saja dengan memberikan nomor atau kode bukunya, dan kemudian petugas tersebut yang akan mencarikan dan mengambilkan bukunya.
Dalam kasus diatas, petugas perpustakaan tersebut telah bertindak sebagai perantara atau Proxy. Petugas tersebut juga bisa memastikan dan menjaga misalnya, agar mahasiswa hanya bisa  meminjam buku untuk mahasiswa, dosen boleh meminjam buku semua buku, atau masyarakat umum hanya boleh meminjam buku tertentu.

Dengan demikian, Fungsi Proxy adalah Connection sharing (pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar), Filtering  (digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari serangan atau gangguan yang berasal dari jaringan internet), dan Caching (bila suatu saat ada pengguna yang meminta suatu layanan ke internet yang mengandung obyek-obyek yang sama dengan yang sudah pernah diminta sebelumnya, yaitu yang sudah ada dalam cache, maka proxy server akan dapat langsung memberikan obyek dari cache yang diminta kepada pengguna, tanpa harus meminta ulang ke server aslinya di internet.)

Meskipun Fungsi Proxy sangat penting, ia juga memiliki kekurangan. Dilihat dari contoh ilustrasi diatas, Penggunaan Proxy kadang membuat koneksi sedikit lama, karena harus menunggu proses penyaringan. Selain itu IP Free Proxy  juga tidak selamanya memiliki koneksi cepat. Kita juga Harus ganti-ganti settingan IP Proxy di browser tiap kali koneksi jelek. Tiap kali ingin ganti IP harus mencari IP dulu di situs-situs yang menyediakan Free Proxy,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar