Salah satu Perusahaan
yang memakai internet untuk menunjang proses bisnisnya Penerbit Buku Rohani dan
Umum “LIGHT PUBLISHING” di daerah Jakarta. Mereka membuat sebuah Website yang
menerima layanan jual ke customer (www.light-publishing.com).
Dengan begitu, Perusahaan Light Publishing ini sudah menerapkan sistem bisnis
E-comerce dengan tipe B2C (Business To Customer), dimana customer berperan
sebagai individu dan perusahaan berperan sebagai organisasi. B2C ini sangat menguntungkan untuk
customer,terutama untuk yang berada di luar daerah Jakarta, karena mereka tidak
perlu lagi pergi jauh-jauh ke Jakarta untuk membeli buku-buku terbitan Light
Publishing. Cukup dengan membuka website ini, Customer dapat melakukan
transaksi pembelian dan pembayaran secara online.
Tidak hanya menerapkan sistem B2C saja, ternyata Light
Publishing juga menerapkan sistem CRM (Customer Relationship Management) untuk
memberikan layanan lebih bagi konsumen agar konsumen merasa nyaman dan puas.
CRM yang diterapkan Light Publishing adalah Operational CRM, dimana berfokus
pada otomatisasi pelanggan untuk menghadapi proses seperti penjualan, pemasaran
dan layanan pelanggan. Ketika pertama kali membuka website Light Publishing, pengunjung
tidak akan bingung, karena banyak hyperlink untuk menghubungkan pengunjung ke
layanan-layanan berikutnya.
Melalui hyperlink-hyperlink itu, pengunjung akan
merasa terbantu dan lebih mudah melakukan transaksi. Jika masih bingung,
konsumen dapat dengan mudah menghubunggi Costumer Service Light Publishing,
dengan sekali klik, kamu bisa langsung bertanya pada costumer service melalui
online. Light Publishing juga menyediakan informasi lengkap untuk masing-masing
buku terbitannya, seperti harga, sinopsis buku, pengarang,dll. Tidak lupa,
mereka juga memberikan diskon khusus serta buku gratis untuk pembelian dengan
jumlah tertentu.
Bagaimana dengan Pembayaran dan pengiriman buku?? Sangat mudah.
Mereka menyediakan hyperlink untuk layanan pembayaran. Pengunjung tinggal klik,
lalu pilih cara pembayaran. Lalu setelah itu, pilih alamat pengiriman buku. Dan
setelah 4-5 hari, buku akan dikirim ke alamat kamu. Untuk daerah JABODETABEK,
Light Publishing juga menyediakan layanan antar pesanan secara gratis. Ini sangat
menguntungkan bukan bagi pelanggan yang berada di kawasan tersebut?
Tidak berhenti sampai disitu saja, Light Publishing juga
melakukan pendekatan ke masing-masing pelanggannya melalui email. Ambil contoh
saja aku, kebetulan aku sudah menjadi pelanggan Light Publishing selama 1
tahun. Sejak aku menjadi pelanggan disana, mereka sering sekali mengirimiku
email berisikan informasi buku-buku terbaru terbitan mereka, beserta daftar
diskon,sinopsis,harga,dan pengarangnya juga. Ini tentunya memudahkan aku untuk
mengetahui informasi tentang buku terbaru mereka tanpa harus membuka website
mereka. Selain itu, ketika aku berulang tahun, mereka juga mengirimiku pesan
ulang tahun dengan nama yang spesifik. Bukan hanya “selamat ulang tahun” saja,
namun “selamat ulang tahun saudari Ruth yang terkasih”. Aku pribadi merasa
sangat senang karena mereka memperhatikan pelanggannya dengan detail.
Menjaga hubungan dengan konsumen dan menambah Kepuasan konsumen seperti yang dilakukan oleh Light Publishing ini adalah tujuan utama sistem CRM. Hal ini banyak menguntungkan perusahaan, karena konsumen adalah RAJA, konsumen adalah unsur terpenting yang sangat menunjang proses bisnis.