Selasa, 04 Desember 2012

Gaya Perusahaan Penerbit "Light Publishing" Untuk Memuaskan Pelanggan

Di jaman modern ini, internet sudah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Segala hal pun menjadi mudah, karena banyak sekali website di internet yang  menyediakan layanan-layanan untuk banyak aspek kehidupan kita. Dari mulai hiburan, pengetahuan, kebutuhan hidup(sandang,pangan dan papan), sampai kerohanian. Dengan adanya fenomena ini, tentunya Proses bisnis pun harus mengikuti perkembangan teknologi itu. Perusahaan dapat memanfaatkan internet untuk menunjang proses bisnisnya.

Salah satu Perusahaan yang memakai internet untuk menunjang proses bisnisnya Penerbit Buku Rohani dan Umum “LIGHT PUBLISHING” di daerah Jakarta. Mereka membuat sebuah Website yang menerima layanan jual ke customer (www.light-publishing.com). 


Dengan begitu, Perusahaan Light Publishing ini sudah menerapkan sistem bisnis E-comerce dengan tipe B2C (Business To Customer), dimana customer berperan sebagai individu dan perusahaan berperan sebagai organisasi.  B2C ini sangat menguntungkan untuk customer,terutama untuk yang berada di luar daerah Jakarta, karena mereka tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke Jakarta untuk membeli buku-buku terbitan Light Publishing. Cukup dengan membuka website ini, Customer dapat melakukan transaksi pembelian dan pembayaran secara online.

Tidak hanya menerapkan sistem B2C saja, ternyata Light Publishing juga menerapkan sistem CRM (Customer Relationship Management) untuk memberikan layanan lebih bagi konsumen agar konsumen merasa nyaman dan puas. CRM yang diterapkan Light Publishing adalah Operational CRM, dimana berfokus pada otomatisasi pelanggan untuk menghadapi proses seperti penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan. Ketika pertama kali membuka website Light Publishing, pengunjung tidak akan bingung, karena banyak hyperlink untuk menghubungkan pengunjung ke layanan-layanan berikutnya. 


Melalui hyperlink-hyperlink itu, pengunjung akan merasa terbantu dan lebih mudah melakukan transaksi. Jika masih bingung, konsumen dapat dengan mudah menghubunggi Costumer Service Light Publishing, dengan sekali klik, kamu bisa langsung bertanya pada costumer service melalui online. Light Publishing juga menyediakan informasi lengkap untuk masing-masing buku terbitannya, seperti harga, sinopsis buku, pengarang,dll. Tidak lupa, mereka juga memberikan diskon khusus serta buku gratis untuk pembelian dengan jumlah tertentu. 


Bagaimana dengan Pembayaran dan pengiriman buku?? Sangat mudah. Mereka menyediakan hyperlink untuk layanan pembayaran. Pengunjung tinggal klik, lalu pilih cara pembayaran. Lalu setelah itu, pilih alamat pengiriman buku. Dan setelah 4-5 hari, buku akan dikirim ke alamat kamu. Untuk daerah JABODETABEK, Light Publishing juga menyediakan layanan antar pesanan secara gratis. Ini sangat menguntungkan bukan bagi pelanggan yang berada di kawasan tersebut?



Tidak berhenti sampai disitu saja, Light Publishing juga melakukan pendekatan ke masing-masing pelanggannya melalui email. Ambil contoh saja aku, kebetulan aku sudah menjadi pelanggan Light Publishing selama 1 tahun. Sejak aku menjadi pelanggan disana, mereka sering sekali mengirimiku email berisikan informasi buku-buku terbaru terbitan mereka, beserta daftar diskon,sinopsis,harga,dan pengarangnya juga. Ini tentunya memudahkan aku untuk mengetahui informasi tentang buku terbaru mereka tanpa harus membuka website mereka. Selain itu, ketika aku berulang tahun, mereka juga mengirimiku pesan ulang tahun dengan nama yang spesifik. Bukan hanya “selamat ulang tahun” saja, namun “selamat ulang tahun saudari Ruth yang terkasih”. Aku pribadi merasa sangat senang karena mereka memperhatikan pelanggannya dengan detail.



Menjaga hubungan dengan konsumen dan menambah Kepuasan konsumen seperti yang dilakukan oleh Light Publishing ini adalah tujuan utama sistem CRM. Hal ini banyak menguntungkan perusahaan, karena konsumen adalah RAJA, konsumen adalah unsur terpenting yang sangat menunjang proses bisnis. 

Minggu, 02 Desember 2012

TOP 10 Negara dengan Jumlah Pengguna Internet Paling Banyak se-ASIA


INTERNET. Siapa sih saat ini yang tidak mengenal kata itu?? Dari seluruh pelosok desa sampai ke kota, tua-muda, berbagai profesi, sampai ke seluruh dunia, semua mengenal apa itu internet. Saking terkenalnya Internet, sekarang pengguna internet didunia sudah mencapai 2,267,233,742 pengguna! Statistik ini pengguna internet ini dihitung disitus www.internetworldstats.com. Coba kamu lihat tabel dibawah ini:


Dari tabel diatas, kita bisa lihat kalau pengguna internet banyak terdapat di Benua ASIA. Bayangin aja, jumlah pengguna internetnya lebih dari 1 milyar! Kenaikannya sungguh drastis sekali dari tahun 2000 yang hanya 114jutaan pengguna. Wow! Untuk lebih jelasnya, ini aku buat grafiknya biar lebih terlihat progressnya:


Nah, sekarang, kita kupas lebih spesifik. Benua Asia dinobatkan sebagai benua dengan jumlah pengguna internet terbanyak, Jadi negara mana di benua Asia yang menempati urutan pertama jumlah pengguna internet terbanyak?? Penasaran?? Ini dia tabelnya TOP 10 negara pengguna internet terbanyak di ASIA:


Wow! Ternyata jawabannya adalah CHINA! Negara tirai bambu ini mempunyai pengguna internet sebanyak 513.1000, terpaut jauh dengan INDIA dan JEPANG yang ada di urutan kedua dan ketiga. Lalu..lihat itu di urutan ke 4, INDONESIA! Negara tempat kita tinggal ternyata menempati urutan ke 4 pengguna internet terbanyak se-ASIA! Gak percaya?? Lihat grafik ini:




Sebuah fakta mengejutkan bukan?? Padahal Nyatanya di Indonesia sendiri, internet belum menyebar luas di seluruh pelosok negeri. Sebagai warga Indonesia, aku sendiri merasakan bahwa layanan internet di Indonesia belum cukup memuaskan. Salah satunya adalah seringnya jaringan yang lemot.hahahahaha...
Jadi, kalau ternyata indonesia sudah masuk dalam daftar top 10 negara dengan pengguna internet terbanyak se-ASIA, berarti sudah saatnya layanan internet di indonesia ini diperbaiki lebih baik, agar pengguna internet merasa nyaman dan puas.